Cara Mengecek Keaslian dan Kualitas HP Samsung Baru atau Bekas

0 Shares

Jual beli HP Samsung sering dilakukan di pasar onlone, mulai dari seri J seperti J2 Prime, Seri A seperti A5, hingga seri S. Tak sedikit terjadi kasus kecurangan dalam penjualan HP, dimana banyak HP bekas yang memiliki kondisi yang sudah tidak layak dan HP Samsung baru replika atau buatan HDC yang kualitasnya kurang baik.

Untuk itu kamu harus melakukan serangkaian check up ketika hendak membeli produk HP Samsung. Mengecek yang wajib dilakukan dapat berupa mengecek keaslian HP Samsung, hingga mengecek kualitas dari HP Samsung tersebut.

Adapula cara dan langkah mengecek keaslian dan kualitas HP Samsung sebelum dibeli diantaranya sebagai berikut.

Cara Mengecek Keaslian HP Samsung

Persebaran produk HP Samsung di pasaran sendiri terpecah atas dua versi, yaitu versi original atau asli dan versi HDC atau Supercopy atau replika. Perbedaan HP Samsung ori atau asli dengan replika sangat nampak pada kondisi fisik HP tersebut, dimana HP Samsung ori memiliki kualitas yang lebih unggul dari versi HDC.

Biasanya HP Samsung versi HDC atau replika dijual dengan harga lebih murah dari versi ori-nya. Namun di pasar ponsel Indonesia, tidak sedikit penjual nakal yang memasarkan HP Samsung replika dengan harga yang sama seperti HP Samsung asli.

Pastinya kasus tersebut akan membuat kamu mengalami kerugian apabila salah membeli produk HP Samsung. Untuk itu mengecek keaslian HP Samsung baru ataupun bekas sangat diwajibkan ketika hendak membeli HP Samsung kepada orang lain.

Untuk mengetahui apakah HP Samsung tersebut ori atau replika teman-teman bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan menggunakan kode rahasia dan sinkronisasi nomor IMEI. Untuk lebih jelasna berikut cara mengetahui HP Samsung asli atau replika.

Baca Juga : Mengatasi Ghost Touch Samsung

1. Cek Keaslian HP Samsung dengan Kode Rahasia

Sama seperti kebanyakan vendor Smartphone, Samsung juga memberikan fitur berupa dial rahasia untuk melakukan check up pada HP Smartphone tersebut. Cara ini bisa dilakukan untuk mengecek keaslian HP Samsung yang ingin kamu beli.

Salah satu kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian HP Samsung yaitu kode ‘informasi tipe hp’ atau kode *#1234#. Melalui kode ini kamu bisa mencocokan tipe dan model HP.

Ada pula langkah-langkah untuk mengecek hp Samsung dengan kode rahasia adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi dial up, ketik *#1234#.
  2. Akan muncul informasi berupa seri AP, CP, CSC, dan Model HP Samsung. Kode-kode ini merupakan data penting terkait informasi sistem operasi yang digunakan.
  3. Cara mudahnya kamu bisa mencocokan merk HP Samsung dengan informasi model yang tertera.
  4. Model HP Samsung biasanya akan ada pada box HP atau bagian fisik HP Samsung seperti ini.
  5. Pastikan model yang terteran sinkron dengan yang ada pada informasi resmi.

Jika model yang tertera pada kode *#1234# dengan yang ada pada box atau bagian fisik HP Samsung, dapat dipastikan bahwa HP tersebut tidak asli alias replika.

2. Cek Keaslian HP Samsung dengan Kode IMEI

Selain kode tersebut, kamu bisa melakukan check up keaslian HP Samsung dengan melakukan sinkronisasi kode IMEI loh. Selain itu saat ini Kemenperin telah menerbitkan perintah untuk mengecek kertersediaan IMEI HP apakah HP tersebut legal atau ilegal.

HP Samsung versi HDC, replika atau soft copy biasanya memiliki IMEI yang tidak terdaftar pada situs Kemenperin sehingga memudahkan kamu mengecek keaslian dari HP Samsung. Adapula langkah-langkah untuk mengecek keaslian HP Samsung dengan kode IMEI adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi dial up, ketik *#06#.
  2. Akan muncul informasi IMEI yang ada pada HP Samsung, catat IMEI tersebut dengan HP milik kamu.
  3. Pastikan kode IMEI terdiri atas 15 digit angkat.
  4. Buka website Cek IMEI oleh Kemenperin.
  5. Masukkan kode IMEI pada kolom pencaharian.
  6. Tekan opsi “Cari” dengan simbol kaca pembesar.
  7. Apabila muncul tulisan “IMEI terdafar di database Kemenperin”, maka dapat dipastikan bahwa HP Samsung tersebu ori dan bukan repilka.

Selain itu kamu juga harus mencocokan kode IMEI yang tampil pada layar HP Samsung dengan box atau kotak HP Samsung. Tak hanya itu, kamu juga harus mencocokan kode IMEI tersebut dengan yang ada pada bagian fisik HP.

Baca Juga : Hp Samsung Bergerak Sendiri

3. Cek Keaslian HP Samsung dengan Kode Gambar Anjing

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek keaslian HP Samsung adalah dengan mengecek kode khusus yang menampilkan gambar anjing khas. Cara ini biasa disebut dengan cek sensor image test.

Untuk lebih jelasnya berikut cara cek keaslian HP Samsung dengan kode gambar anjing yang bisa kamu coba.

  1. Buka aplikasi dial up, ketik *#0#*, kemudian pilih opsi “LED”.
  2. Akan muncul halaman “LCD Test”.
  3. Pilih opsi “Sensor”, kemudian tekan opsi “Image Test”.
  4. HP Samsung akan menampikan gambar anjing, dengan sedikit informasi di atasnya
  5. Jika gambar anjing yang muncul seperti gambar diatas, maka bisa dipastikan bahwa HP Samsung tersebut asli.

Cara Mengecek Kualitas HP Samsung

Mengecek keaslian HP Samsung masih sangat kurang apabila ingin membeli HP baru. kamu harus mengecek kualitas HP Samsung juga, terlebih jika ingin membeli HP Samsung bekas atau second.

Untuk mengetahui kualitas HP Samsung baik itu baru ataupun bekas, ada parameter yang bisa dijadikan patokan, diantaranya mengecek kondisi fisik bagian luar hingga mengecek setiap komponen yang ada.

Untuk lebih jelasnya berikut cara mengecek kualitas HP Samsung baru ataupun bekas.

1. Cara mengecek Kondisi Fisik HP Samsung (Body)

Check up yang paling mendasar untuk mengetahui apakah kualitas HP Samsung baru atau seconde tersebut bagus atau tidak yaitu dengan cara memperhatikan kondisi fisik atau body dari HP Samsung tersbut.

Kondisi Fisik atau Body HP Samsung yang pernah terjatuh parah pasti akan ada sedikit peyok atau rusak pada bagian tertentu. Pada umumnya HP Samsung yang pernah terjatuh parah akan mempengaruhi kinerja mesin.

Meskipun beberapa kasus HP terjadi tidak menyebabkan kerusakan pada mesin, namun kamu perlu waspada untuk mendapatkan HP berkualitas dengan harga wajar.

Baca Juga : Cara Screenshot Hp Samsung

2. Cek Kondisi Setiap Konektor dan tombol HP Samsung

Setelah mengecek kondisi fisik dari HP Samsung langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi setiap konektor dan tombol dari HP Samsung.

Cobalah lakukan check up untuk mengetahui apakah konektor charger, konektor audio, tombol power, tombol volume, dan tombol lainnya berfugsi dengan baik.

HP Samsung dengan kualitas mesin baik biasanya tidak akan terjadi eror pada konektor atau tombol sederhana tersebut.

3. Cek Fitur Pendukung Lainnya dengan Kode *#0#*

Kode *#0#* pada HP Samsung merupakan base untuk mengecek semua fitur-fitur penting yang ada pada HP Samsung, seperti uji outpur warna pada layar, hingga uji vibrasi pada HP Samsung.
Untuk lebih jelasnya berikut cara menggunakan kode *#0#* pada HP Samsung untuk mengecek kualitas Smartphone yang ingin dibeli.

  1. Buka aplikasi dial up, ketik *#0#*.
  2. Akan muncul berbagai tes fitur penting pada HP Samsung.
  3. Silahkan kamu coba satu persatu mulai dari “red” sampai “iris camera test” atau “mlc”.

Perlu diperhatikan bahwa kode *#0#* pada HP samsung hanya berupa serangkaian test kualitas dan informasi-informasi kondisi mesin saat ini, baik soft maupun hard pada HP. Kamu tidak perlu HP Samsung tersebut eror jika menggunakan kode *#0#*.

4. Cek Kondisi Baterai

Check up terakhir yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi dari HP Samsung. Sangat disayangkan kode *#0#* tidak menyediakan opsi untuk mengetahui kesehatan baterai dari HP Samsung.

Untuk mengecek kondisi dari HP Samsung sendiri bisa kamu lakukan dengan cara mengoperaasikan HP tersebut. Apabila baterai tersebut memiliki kapasitas penyimpanan yang besar namun tidak bekerja secara normal, perlu dicurigai akan kesehatan dari baterai tersebut.

2 pemikiran pada “Cara Mengecek Keaslian dan Kualitas HP Samsung Baru atau Bekas”

Tinggalkan komentar