Uji Coba Jaringan 5G di Dua Kota Amerika Serikat

Uji Coba Jaringan 5G -Ditengah Perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak operator seluler terus berusaha menghadirkan inovasi terbaru untuk menghadapi persaingan di pasar nirkabel. Beda halnya dengan negara Indonesia yang baru-baru mengenal jaringan 4G LTE, di dua negara Amerika Serikat, tepatnya di California (Paman Sam) sedang menguji coba jaringan jaringan terbaru 5G dan dikabarkan akan memiliki kecepatan yang super-super cepat melebihi jaringa 4G LTE.

Kabarnya, AT&T yang merupakan salah satu operator jaringan seluler di amerika serikat akan meng-uji coba jaringan 5G di Kota Austin dan Indianapolis pada tahun ini (2017) dan akan diperkirakan jaringan 5G akan beroperasi pada tahun depan (2018). AT&T juga mengungkapkan bahwa jaringan 5G memiliki kecepatan antara 10 sampai 100 kali lebih cepat daripada jaringan 4G LTE yang artinya jaringan ini bisa menembus angka 1Gbps namun dari pihak AT&T akan menghadirkan kecepatan mencapai 400Mbps saja pada uji coba ini.

Baca Juga : Kabarnya Windows 10 Cloud Akan Diluncurkan Bulan April Depan

Verizon telah mencatat saat ini ada sekitar 87 persen trafik data yang sedang berjalan di atas jaringan 4G LTE, sedangkan sekitar 98 Persen negara di dunia yang telah memiliki akses ke jaringan super cepat tersebut. Selain Verizon, jaringan terbaru 5G telah di uji coba di korea selatan, dan akan diperkirakan juga beroperasi pada tahun 2018.

Uji Coba Jaringan 5G

“5G tidak lagi akan menjadi impian masa depan. Kami telah merasakan urgensi teknologi tersebut untuk segera diimplementasikan dalam ekosistem komunikasi saat ini. Kami akan mendorongnya dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan,” ucap Roger Gurnani seperti dikutip Phone Arena, Rabu (9/9/2015).

Terus bagaimana dengan negara kita sendiri (Indonesia) apakah akan ikut meng-uji coba jaringan 5G ini? Sementara untuk Indonesia akan diperkirakan beroperasi pada jaringan 5G sekitar tiga tahun lagi (2020), mengingat saat ini Indonesia baru-baru mengoperasikan jaringan 4G LTE dan masih membangun infrastruktur, itupun belum semuanya merata di Indonesia. Masih banyak daerah-daerah plosok bahkan ada juga pulau yang belum bisa mengakses jaringan 4G LTE untuk saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*