Tips Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet

Cara Merawat Baterai Laptop – Merawat komponen laptop memang susah-susah gampang, tergantung dari kita bagaimana cara memakai dan merawatnya, salah satu komponen dari laptop yang paling menting adalah baterainya, Baterai memang sangat dibutuhkan bagi yang sering menggunakan laptop diluar ruangan, Tapi baterai juga memiliki masa tersendiri kebanyakan baterai mampu bertahan sampai 2-4 tahun, kalaupun lebih itu karena perawatan yang kalian lakukan bagus. Sebelum saya share cara / tips merawat baterai laptop, saya akan bahas terlebih dahulu hal-hal yang memperpendek umur baterai laptop yang belum kita sadari.

Hal-hal yang memperpendek umur baterai laptop

  • Penggunaan laptop secara berlebihan, jika laptop kalian tidak didesian untuk kebutuhan yang berat dan dalam waktu yang cukup lama seperti kebutuhan grafis, editing, atau bermain game. Sebaiknya jika kalian melakukan hal-hal tersebut jangan terlalu lama, karena laptop pun memiliki porsi masing-masing, Sebagai contoh saja kita disurung mengangkat beban yang berat selama berjam-jam apakah kita tidak capek? sama halnya dengan laptop, jika laptop tidak digunakan secara berlebihan tentu baterai laptop kalian juga akan awet.
  • Jangan membiarkan baterai laptop sampai 0% hal itu dapat mengakibatkan baterai laptop pada “level wear” sehingga mampu memperpendek umur batera laptop. dari laptop juga sudah disiapkan sistem yang memperingati kalian jika baterai sudah mencapai angka dibawah 10% hal itu berfungsi untuk menghindari baterai dalam “level wear” sehingga baterai bisa lebih awet.
  • Cabut charger ketika baterai sudah 100%, jika kalian biarkan hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan yang parah pada baterai, dan dapat memperpendek umur dari baterai laptop itu sendiri.
Jika hal-hal diatas kalian sudah mengerti, mari kita membahas tips merawat baterai laptop agar awet.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

  1. Jangan meletakkan laptop diatas tempat yang sirkulasi udaranya buruk , seperti diatas kasur, atau bantal hal tersebut mamu menyebabkan baterai menjadi overheat.
  2. Saat mencarger laptop, sebaiknya laptop dalam keadaan mati hingga baterai laptop terisisi penuh.
  3. Gunakan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik yang masuk agar stabil, hal tersebut mampu mempengaruhi kinerja pada laptop.
  4. Jangan biarkan daya baterai sampai 0%. Segeralah charger jika sudah mencapai 5%.
  5. Lakukan Fully Dischargerd secara teratur, dan jangan terlalu sering minimal sekali sebulan.
  6. Cek terus tingkat wear level baterai, kalian bisa menggunakan software HW Monitor untuk mengecek tingkat wear level pada laptop.
Itulah beberapa tips merawat baterai laptop agar lebih awet, semoga tips kali ini biasa bermanfaat untuk kita semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*