Penyebab Laptop Sering Muncul Pesan Not Responding dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Not respon

Kalian pasti pernah melihat laptop/pc muncul pesan “Not Responding” saat menjalankan suatu aplikasi, Beberpa orang pasti akan terganggu dengan pesan tersebut. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, namun sebelum kita membahas cara mengatasinya, mari kita bahas dulu apa penyebab munculnya pesan/notifikasi not responding.

Not Responding atau sering di sebut “Hang” biasanya muncul pada saat kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, atau bisa juga di sebabkan karena terlalu lambatnya atau tidak mampunya suatu system untuk merespon apa yang di perintahkan. Contohnya saat kita menjalankan aplikasi/software yang berat seperti “Adobe Primere Pro“, saat kita membuka software tersebut, system dalam laptop tidak bisa menjalankan perintah kalian karena beberapa alasan, seperti kalian sedang membuka banyak software atau bahkan laptop yang kalian gunakan untuk membuka aplikasi tersebut tidak mampu untuk menjalankan dengan system yang ada pada laptop yang digunakan.

Sama halnya saja kalian hanya mampu mengangat beban maxsimal 1 ton, jika kalian diperintahkan untuk mengangat beban yang beratnya 2-3 ton, tentu saja kalian akan menyerah, begitu juga pada laptop/pc, pesan not responding itu bisa di logikakan sebagai pesan menyerah/tidak kuat menjalankan perintah yang diberikan.

Jika kalian berniat untuk menginstal ulang windows karena hal tersebut, sebaiknya kalian tunda dulu karena ada beberapa penyebabnya, salah satunya seperti yang sudah kita bahas di atas tadi. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja kita akan bahas beberapa penyebab munculnya pesan Not Responding pada laptop kalian dan nanti juga kita akan bahas cara mengatasi dengan benar.

 

Penyebab Terjadinya Muncul Pesan Not Responding

Ada banyak sekali penyebab dan masalah yang menimbulkan not responding pada laptop, mulai dari Hardware dan Software. tergantung dari kalian sering melakukan apa saja di laptop kalian yang memunculkan pesan not responding. Berikut ini beberapa penyebabnya mulai dari Hardware dan Software serta cara mengatasinya.

1. Banyaknya Software yang Terinstal

Terlalu banyak software/aplikasi yang terinstal pada laptop juga salah satu penyebab sering munul pesan Not Responding. Karena proses yang dilakukan system untuk me-load semua aplikasi akan semakin berat, apalagi jika software-software yang terinstal memiliki ukuran yang besar, hal tersebut akan mengurangi kapasitas harddisk. yang akan mengakibatkan komputer menjadi lambat dan akan sering muncul pesan Not Responding. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kalian harus mengapus beberapa software yang sekiranya memiliki size yang lumayan besar.

2. Tampilan Laptop yang Terlalu Banyak

Tampilan layar yang menarik memang menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Ada banyak sekali cara untuk mempercantik tampilan layar laptop memasang skinpack, memasang gadget, atau membuat shortcat software. Hal tersebut secara tidak langsung mengakibatkan RAM berkerja dengan ektra untuk me-load seluruh aktifitas tampilan layar, akibatnya laptop akan sering mengalami Not Responding dan laptop akan menjadi lambat. Untuk mengatasi masalah kedua ini kalian cuma harus meng-close semua gadget yang dipasang di tampilan layar, Namun jika masih terjadi kalian harus menghapus/uninstall skinpack yang digunakan dan gunakan themes bawaan Windows.

3. Terlalu Banyak Mejalankan Software Secara Bersamaan (Multitasking)

Untuk hal yang satu ini pasti kita semua pernah melakukannya karena beberapa hal, seperti mengerjakan tugas kuliah, melakukan pekerjaan kantor, atau bahkan bisa saja kalain adalah animator yang memerlukan beberapa aplikasi secara bersamaan. Hal tersebut memang bisa mengakibatkan munculnya pesan Not Responding pada laptop yang digunakan. Namun tergantung juga dengan spesifikasi laptop yang digunakan, jika yang digunakan memililki spesifikasi yang tinggi berarti penyebab munculnya pesan Not Responding bukan karena multitasking. Tapi jika kalian merasa beberapa kali terjadi Not Responding saat membuka beberapa aplikasi cara untuk mengatasinya sangat gampang sekali dengan cara menutup beberapa aplikasi, atau bisa dengan membuka aplikasi seperlunya saja maxsimalnya 3 aplikasi dan jangan membuka aplikasi yang lain.

4. Banyaknya Aplikasi yang berjalan di Latar Belakang

Tanpa kita sadari saat menjalankan laptop ada beberapa aplikasi yang berjalan di lata belakang, aplikasi tersebut berjalan secara otomatis ketiaka kita menghidupkan laptop. Banyaknya aplikasi yang berjalan mengakibatkan banyak resource memory yang terpakai dan mengakibatkan munculnya pesan Not Responding. Untuk mengatasinya kalian buka WIndows Run (Win+R) dan ketik msconfig (untuk windows xp, vista dan win 7) lalu dibagian Tab Startup, hilangkan semua centang pada aplikasi yang tidak pernah kalian buka.
tab starup

5. Aplikasi yang Dijalankan Tidak Support

Jika kalian menjalankan aplikasi lama biasana akan muncul juga pesan not responding, hal tersebut wajar karena aplikasi lama tidak supprot lagi untuk Sistem Operasi yang baru, Untuk menjalankan beberapa aplikasi lama sebaiknya kalain periksa versi terbarunya karena sudah terupdate dan tentunya akan supprot juga dengan sistem operasi terbaru.

6. Virus atau Malware

Virus dan Malware juga berpengaruh terhadap kinjera system, oleh sebab itu disarankan agar terus mengupdate anti virus yang terinstal di laptop kalian, agar terhindar dari ancaman berbahaya yang di akibatkan oleh virus ataupun malware.

7. Harddisk

Harddisk yang hampir penuh juga dapat menyebabkan not responding, disebabkan karena system akan membutuhkan waktu lama untuk meloding semua file yang ada dalam harddisk. Oleh karena itu usahakan untuk memberi space yang cukup agar harddisk mampu meloding file dengan cepat.

8. RAM

Ram merupakan salah satu faktor yang mampu menyebabkan masalah not responding, bisasanya terjadi karena RAM yang kurang mendukung untuk menjalankan sebuah aplikasi yang berat, jadi saran saya, cek spek yang dibutuhkan aplikasi apakah laptop yang kalian gunakan sudah memenuhi spek yang dibutuhkan aplikasi tersebut atau tidak. Jika tidak jangan lakukan karena jika kalian lakukan maka hal tersebut akan membuat RAM pada laptop terpakai semua dan akan mengakibatkan not responding yang sangat lama bahkan bisa-bisa laptop akan ter-restart sendiri. Jadi jika kalian ingin membuka aplikasi yang berat-berat segeralah meng-upgrade ram laptop kalian. (hal yang perlu diperhatikan sebelum mengupgrade RAM)

Itulah beberapa penyebab yang sering sekali membuat laptop mengalami not responding dan cara mengatasinya, semoga dengan tips ini, laptop kalian yang tadinya muncul notif not responding terus sekarang sudah tidak terjadi lagi. Jika kalian memiliki pertanyaan seputar masalah laptop/komputer, silahkan kalian bertanya melalui kotak komentar yang ada di bagian bawah artikel ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*