Hal Yang Harus Kalian Perhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop

Hal yang Penting saat Menganti RAM
RAM (Random Acces Memory) merupakan salah satu komponen laptop yang memiliki fungsi penting untuk kecepatan akses laptop itu sendiri. RAM Sendiri berfungsi sebagai penyimpan data yang bersifat sementara dan hanya bekerja pada saat laptop sedang hidup. Untuk Struktur RAM sendiri bisa dibagai menjadi 4 Bagian yaitu sebagai berikut :
  • Input Storage : Merupakan bagian dari RAM yang berfungsi untuk menampung input atau masukan yang akan dimasukan ke dalam alat input.
  • Program Storage : Merupakan bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan instruksi program yang akan hendak di akses.
  • Working Storage : Merupakan bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.
  • Output Storage : Merupakan bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penampung hasil akhir dari data yang akan di tampilkan ke prangkat output.

Semakin berkembangnya software atau aplikasi yang semakin membutuhkan spesifikasi yang tinggi, tak jarang kita sebagai pengguna merasa kesal dan emosi saat melihat laptop menjadi lemot saat memproses data. Dengan mengigat pentingnya RAM dalam kinerja sebuah laptop, maka tak jarang kita ingin meng-Upgrade RAM untuk mendapatkan kinjera yang lebih cepat. Namun sebelum kalian meng-Upgrade RAM kalian harus ketahui hal-hal berikut ini.

Hal Yang Harus Kalian Perhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop

1. Kebutuhan Upgrade

Kebutuhan Upgrade RAM sangat perlu diperhatikan, jangan sampai kalian hanya tertarik dengan kecepatan yang di tawarkan jadi kalian langsung buru-buru ingin men-Upgrade RAM laptop kalian sendiri. Memang dengan cara Menambah/Upgrade RAM membuat laptop kita semakin cepat namun perlu diperhatikan, komponon hardware yang kalian gunakan apakah supprot dengan laptop kita atau tidak, Jika kalian tidak mengecek komponen hardware yang kalian gunakan bisa-bisa laptop kalian akan error bahkan sampai bisa mengakibatkan laptop kalian rusak. Jadi sebelum kalian ingin Meng-Upgrade RAM lebih baiknya kalain cek apakah Hardware yang akan kalian gunakan supprot atau tidak dengan cara kalian cek spesifikasi laptop kalian dan disitu ada batas Upgrade/tambah RAM dan disitu juga tertulis jelas jenis-jenis RAM yang bisa kalian gunakan.

2. Jenis Processor

Processor merupakan sebuah IC yang mampu mengontol keseluruhan jalannya sebuah sistem laptop dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor sendiri pada umumnya memiliki arsitektur yang berbeda-beda  yang membuat kreteria memori pun kadang berbeda-beda. Yang perlu kalian perhatkan sebelum meng-upgrade RAM antara lain :

Max Memory Size – merupakan kapasitas maksimal yang tidak bisa dirubah saat kalian ingin meng-upgrade/menganti RAM yang ada pada sebuah laptop. Maksudhnya disini adalah jika Max Memory Size laptop kalian sampai 8 GB maka kalian hanya bisa menambah/meng-upgrade RAM sampai 8 GB saja. Jika kalian menambahnya RAM 10 GB sudah pasti laptop kalian akan error bahkan bisa mengakibatkan rusak parah. Jadi sebelum meng-upgrade RAM perhatkan dulu Ukuran Maksimal memori laptop yang kalian miliki.

Tipe Memory – Maksudnya disini adalah tipe slot yang laptop kalian gunakan, soalnya setiap laptop memiliki tipe memory yang berbeda-beda. Sebagai contoh jika laptop kalian menggunakan SO-DIMM DDR3 4GB PC-1066. SO-DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module) merupakan jenis RAM yang laptop kalian gunakan, Kalau yang digunakan pada PC bisanya disebut DIMM, DDR3 menunjukan jenis slot yang laptop kalian gunakan,4G menunjukan ukuran kapasitar RAM yang dipakai dan PC-10666 menunjukkan tipe memori yang memiliki kecepatan 1333 MHz.

Memory Channel РSlot Memori yang ada didalam laptop kalian. Pada umumnya laptop memiliki 2 slot memori saja, namun ada juga yang memiliki satu slot memori, bahkan ada juga yang memiliki tiga slot memori, Jadi sebelum meng-upgrade lebih tepatnya membeli memori perthatkan dulu slot yang ada pada laptop kalian, Sebagai contoh jika laptop kalian memiliki ukuran RAM 4GB dan kalian berencana untuk menambahnya menjadi 8GB, dan kalian sudah membeli RAM yang berukuran 4GB, Setelah kalian membongkar laptop yang akan di Upgrade RAM ternyata slot pada laptop tersebut cuma satu, kan sayang kalian membuang-buang uang percuma,  jadi jika permasalahan seperti di atas kalian tepatnya membeli RAM yang langsung 8GB. Jadi selalu perhatikan Slot memori yang ada pada laptop kalian.

Cara Membongkar Laptop Dan Lihat Slot Memorinya

3. Sistem Operasi

Sistem Operasi yang di instal pada laptop juga harus kalian perhatikan, apakah sistem opeasi yang kalian gunakan 32 bit atau 64 bit, baik Windows maupun Linux yang masing-masing memiliki limit memori yang berbeda-beda. Perbedaan sistem operasi 32 bit dan 64 bit terletak pada besarnya kapasitas register yang mampu ditangani oleh CPU dalam satu kali perhitungan. Tentunya sistem operasi yang 64 bit memiliki jumlah penanganan yang lebih baik dibandingkan dengan yang 32 bit. Sebagai Contoh jika laptop kalian terinstal Sistem operasi windows 7 professional 32 bit, batal limit memorinya hanya berukuran 4 GB saja, dengan kata lain jika kalian meng-Upgrade RAM dengan kapasitas 4 GB, maka yang bisa terbaca pada laptop adalah 4 GB sedangkan untuk yang 64 bit batas limit memorinya menyapai 192 GB.

4. Masa Garansi

Hal yang satu ini juga berpengaruh terhadap laptop kalian yang akan di upgrade RAM-nya, karena laptop yang sudah dibongkar atau sudah hilang segelnya tentu saja masa garansi dari laptop itu sendiri akan hangus, jadi perlu kalian perhatikan hal ini juga, jangan asal-asalan, baru 2 minggu kalian beli laptop terus kalian bongkar dan setelah itu laptop terjadi sesuatu yang mengharuskan kalian membawanya ke Service Center. Tentu saja kalian akan mengeluarkan uang karena garansi laptop kalaian sudah tidak bisa digunakan lagi karena segel yang ada pada laptop kalian sudah tidak ada.

Jadi buat kalian yang ingin meng-upgrade / menambah RAM, perhatikan hal-hal tersebut jangan karena laptop kalian lemot kalian langsung saja Meng-Upgrade RAM. Kalaupun kalain benar-benar ingin menambah RAM bawa ke Service Center karena yang akan membongkar laptop kalian adalah orang-orang yang berpengalaman. Dan kalian juga harus tau resiko Garansi pada laptop kalian akan hangus, untung-untuk laptop sudah habis masa garansinya. Semoga Tips Meng-Upgrade RAM bermanfaat untuk kalian yang kebetulan ingin menambah kapasitas RAM.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*