Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk Lengkap Dengan Gambar

Areatekno.id – Cara instal windows 7 menggunakan flashdisk memang kerap dilakukan oleh pengguna netbook, karena pada netbook tidak terdapat DVD-ROM. Pada dasarnya jika ingin melakukan instal windows harus menggunakan DVD-ROOM, namun sekarang kalian tidak perlu khawati karena sudah ada tutorial Cara instal windows 7 menggunakan flashdisk dan cara ini tidak perlu menggunakan DVD-ROM, namun ada beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 4 GB, lebih besar lebih baik.
  • File windows 7 yang berbentuk ISO jika kalian tidak memilikinya kalian bisa mencarinya di google.
  • Software untuk mentransfer file windows 7 ke flashdisk, disini saya menggunakan software WinToFlash.

Jika bahan sudah lengkap mari kita lansung mulai saja Cara instal windows 7 menggunakan flashdisk, sebenarnya cara ini tidak jauh beda dengan Cara Menginstal Windows 10, yang membedakannya adalah pada bagian pertamanya saja yaitu memindahkan file windows 7 ke flashdisk.

Cara membuat bootable windows 7 di flashdisk

  1. Jika kalian tidak memililki softwre WinToFlash, kalian bisa download software tersebut melalui link Download WinToFlash.
  2. Setelah selesai mendownloadnya kalian buka software WinToFlash dan pastikan flashdisk sudah diformat terlebih dahulu
  3. Jika ada konfirmasi persetujuan pilih Accept kemudian klik Next.
  4. Jika sudah muncul tampilan awal softwre WinToFlash klik Windows setup Transfer Wizard.
    Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk
  5. Kemudian pilih Next untuk melanjutkan.
  6. Pada tahap ini, pada pilihan Windows files path pilih tempat kalian menyimpan windows 7 yang sudah berbentuk iso, jangan lupa centang Use my ISO. dan pada bagian USB Drive, silahkan pilih flashdisk yang akan kalian gunakan jika belum muncul klik refresh. Setelah itu pilih Next.
    Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk
  7. Jika muncul konfirmasi persetujuan pilih I do Accept dan klik Continue dan tunggu beberapa meint hingga proses selesai, jika sudah selesai langsung kllik Next dan keluar.
    Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Jika semua tahap diatas sudah selesai berati flashdisk kalian sudah menjadi bootbale windows 7 dan siap digunakan untuk meninstal windows 7.

Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk

  1. Masukkan flashdisk yang tadi pada usb laptop/pc sebelum dinyalakan (pada tahap ini laptop/pc dalam keadaan mati)
  2. Nyalakan Laptop/pc dan masuk ke menu BIOS untuk mengatur booting agar bisa menggunakan flashdisk dengan cara klik Tombol DEL pada keyboard (pada beberapa merek gunakan tombol F2, F1, Esc dan F10 untuk masuk ke menu BIOS). Setelah diatur Booting melalui Flahdisk pilih exit & save (yes), maka laptop/pc akan otomatis merestar.
    Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk
  3. Selanjutnya Instal windows seperti biasa, jika tidak mengerti bisa langsung ke link Cara Instal Windows 10.

Penting : Jika proses Expanding Windows Files telah selesai pc/laptop akan merestar otomatis. segera cabut flashdisk kalian pada saat sebelum pc/laptop terestar. jika tidak proses instal windows 7 akan terulang dari awal.
Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Setelah proses instal selesai laptop/pc akan merestar kembali dan pada saat itu akan diminta data seperti nama, password, serial number dan lain-lain, sama halnya pada saat instal windows 10. Proses instal Windows 7 menggunakan flashdisk akan dinyatakan selesai jika tampilan dekstop seperti gambar dibawah ini.

Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Jika sudah selesai tinggal kalian instal Driver laptop/pc yang digunakan. Semoga tutorial Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk bisa beguna untuk kalian semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*