Cara Flashing Hp Android Dengan Benar Tanpa Menggunakan PC

Cara Flashing Hp Android Dengan Benar – Instal ulang atau sering dikenal dengan flashing pada smartphone/ hp android. Pengertian Flashing adalah Cara yang dilakukan seseorang untuk memulihkan kembali aplikasi bawaan android yang mengalami kerusakan. Melakukan Flashing tidakhanya saat hp android mengalami kerusakan saja, namun flashing juga bisa dilakukan jika kita ingin melakukan upgrade sistem operasi pada smartphone. Cara untuk mengatasi masalah yang terjadi pada smartphone kita adalah dengan cara instal ulang/ flasing.┬áNamun sebelum melakukan flashing, kalian harus terlebih dahulu mengetahui masalah yang terjadi pada hp android yang ingin kita perbaiki, misalnya jika terjadi masalah pada hardware tentu saja cara mengatatasinya dengan cara instal ulang/ flasing, namun jika masalah terjadi pada aplikasi yang ada pada smartphone, kalian tidak perlu melakukan flashing.

Jika hp android kalian diharuskan untuk melakukan flashing namun kalian tidak tau cara untuk instal ulang/ flasing kalian bisa baca artikel ini sampai selesai, karena disini saya akan mengulas/membahas “Cara Flashing Hp Android Dengan Benar” agar tidak terjadi masalah lain pada smartphone kalian. Cara Flashing Hp Android sendiri ada 2 cara yaitu Cara Instal Ulang / Flashing Smartphone Android Lewat PC dan Cara Instal Ulang / Flash Smartphone Android Tanpa PC, disini saya akan membahas cara yang kedua saja, karena mungkin diantara kalian ada yang belum punya laptop/pc untuk melakukan flashing.

Cara Flashing Hp Android Dengan Benar

Cara Flashing Hp Android Dengan Benar Tanpa PC

  • Yang pertama kalian harus lakukan adalah, mendownload aplikasi untuk Recovery Data, Saya sarankan untuk menggunakan aplikasi bernama “ClockworkMod” atau “Amon RA“. Pilih salah satu aplikasi flashing tersebut lalu instal pada smartphone/ hp android kalian.
  • Jika sudah, Kalian harus menyaiapkan Costom ROM atau Fimware yang support dengan jenis hp android kalian, Untuk mencarinya kalian tinggal cari saja di google dengan menuliskan kata kunci “Costom ROM Samsung Galaxy J5” jika kalian menggunakan smartphone Samsung Galaxy J5, Jika sudah ada kalian langsung ketahap selanjutnya.
  • Simpan Costom Room tersebut pada microSD (Kartu Memori) dan pasanglah pada smartphone/ hp android yang akan di flashing/ instal ulang.
  • Matikan hp android kalian dan masuk pada “recovery Mode” dengan cara tahan tombol (volume up + home + power) pada samsung galaxy j5, untuk tipe samsung biasanya menggunakan tombol yang sama dan jika kalian mengguankan samartphone selain samsung, silahkan kalian cari di google cara masuk ke mode recovery.
  • Jika sudah masuk ke Recovery mode kalian bisa mem-backup terlebih dahulu data-data penting kalian yang tersimpan pada hp android yang akan di instal ulang.
  • Setelah melakukan Backup, pada recovery mode kalian bisa pilih Wipe Data, wipe cache partition dan wipe delvic cache untuk menghapus semua data Costom ROM yang lama.
  • Setelah Semua Costom ROM yang lama terhapus kallian buka file/ data Costom ROM yang sudah di download tadi dan disimpan pada microSD (kartu memori). Tekan tombol Volume up untuk naik dan volume down untuk kebawah dan tombol home untuk perinta yes.
  • Jika file/ data costom rom sudah ketemu, kalian tekan tombol home untuk melakukan flashing dan tunggu process flashing selesai. Jika process flashing sudah selesai, akan muncul perintah untuk merestar hp android, dan tekan “Reboot System Now” untuk menyelesaikan flashing.
  • jika hp android sudah menyala dengan benar, berarti flashing kalian sudah berhasil, namun jika ada masalah lain yang terjadi segera periksa costom room kalian sudah versi terbaru atau belum dan lihat apakah costom room tersebut support/ cocok dengan type hp android yang kalian punya.

Itulah Cara Flashing Hp Android Dengan Benar Tanpa PC, jika masih terjadi masalah lain segera langsung konsultasi ke Service Center, namun jika hp kalian masih dalam masa garansi dan pernah melakukan flashing, garansi tersebut akan hangus, dengan kata lain tidak bisa dilakukan untuk meng-klaim garansi. Flasing biasa dilakukan seseorang jika hp anroid sudah benar-benar memiliki kerusakan serius, seperti contoh jika layar hp android hitam dan tidak mau tambil gambar namun tombol home menyala, jika masalah pada hp android kalian seperti itu kalian bisa melakukan flashing dengan cara mengikuti tips diatas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*