Akibat Jika Laptop Terlalu Sering Instal Ulang Windows

Windows 10 Phone

Pernahkah kalian menginstal ulang laptop sendiri? jika kalian pernah hati-hati terhadap laptop kalian, karena beberapa informasi telah menyebutkan bahwa jika kita terlalu sering menginstal ulang laptop ternyata bisa berbahaya terhadap laptop itu sendiri, akibatnya bisa bermacam-macam, salah satunya seperti kerusakan dibagian hardware. Jadi khusus untuk kalian yang bisa menginstal ulang windows sendiri, mulai sekarang jangan terlalu sering. Jika laptop mengalamai error jangan langsung instal ulang, coba lihat bagian error pada laptop dan cari solusinya tanpa harus kalian instal ulang.

Tidak selamanya menginstal ulang windows menjadi jalan keluar jika terjadi error atau not responding pada laptop. Bahkan jika terlalu sering bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah dan akan terlihat dikemudian hari. Berikut ini saya akan mengulas berbagai masalah/konsekuensi yang mungkin akan di hadapi jika terlalu sering melakukan instal ulang windows.

Akibat Jika Terlalu Sering Instal Ulang Windows

1.  Bisa mengakibatkan Kerusakan pada Hardware

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, menginstal ulang windows terlalu sering bisa mengakibatkan kerusakan pada hardware hal itu disebabkan karena saat kita melakukan instal ulang, hardware akan bekerja lebih keras dan membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar, jika hal ini sering kalian lakukan akan merusak hardware secara perlahan-lahan, dan bisanya yang paling rentan adalah bagian layar LCD dan Harddisk.

2. Bisa Memperpendek Umur Baterai

Menginstal ulang terlalu sering juga bisa berakibat buruk pada baterai, hal itu disebabkan karena saat melakukan instal ulang. Baterai yang kita perlukan/butuhkan juga banyak listrik dan sangat cepat menghabiskan baterai. Jika instal ulang dilakukan berkali-kali  dalam waktu yang singkat hal itu akan berdampak langsung pada baterai dan memperpendek umur baterai yang normalnya bisa bertahan sampai 2-4 tahun.

3. Bisa Mengakibatkan Kehilangan Data’

Hal itu memang lumrah terjadi bagi pemula yang baru belajar menginstal ulang laptop sendiri, karena jika salah menekan tombol/perintah akan mengakibatkan penghapusan data pada folder D yang bisasnya windows akan mengambil Folder C untuk tempat tinggalnya. Jika kalain pemula dan ingin meninstal ulang saya sarankan kalian tidak melakukannya sendiri, lebih baik kalian didampingi oleh teman yang lebih mengerti dibandingkan dengan kalian.

Itulah beberapa akibat jika melakukan instal ulang windows terus-menerus. Jadi jika kalian menemukan masalah atau error di laptop, jangan langsung instal ulang. atau kalau tidak kalain bisa menggunakan Sistem Restore yang berfungsi mengembalikan sistem menjadi semula.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*